Tuesday, April 17, 2007

ANTRI ELPIJI


Jam setengah enam pagi aku meluncur ke Gunung Sari tepatnya ke Toko Irama Dunia untuk ngantri beli elpiji. Kenapa kok pake ngantri segala……ya jelas lah soalnya elpiji sekarang dah jadi barang langka….begitu datang langsung amblas blas habis dibeli orang.
Sudah ada sekitar 6 orang yang menunggu dan puluhan tabung gas elpiji ukuran 15 kilogram antri disusun di depan pinto toko yang masih tertutup.

Sambil menunggu, saya ngobrol-ngobrol dengan beberapa orang disitu. Salah satunya adalah pak Munawir seorang pedagang elpiji. Setelah ngobrol sekian lama, saya baru tahu bahwa beliau adalah ex Manager Pom Bensin Koperasi PKT (Sebelah kantor BII). Beliau memutuskan tidak bekerja lagi di pom bensin tersebut, karena ingin berusaha sendiri. Sekarang beliau sudah mempunyai took sekaligus rumah di BTN KCY yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari plus elpiji. Selain itu beliau ingin mengembangkan usahanya di Sangatta, karena menurutnya di sana prospek nya lebih menjanjikan karena sedang tumbuh. Sebidang tanah di pinggir jalan raya di Sangatta sudah dibelinya dan rencana akan dibuat toko lagi sekaligus menjual elpiji. Menurut hasil survey kecil-kecilan nya, kebutuhan Sangatta mencapai 3000 tabung per bulan dan masih berkembang Karena pengguna elpiji semakin bertambah. Menurut beliau Bontang sudah agak stagnan dan pemain sudah banyak sehingga agak susah berkembang. Kalo di Sangatta, masih banyak latent demand yang belum digarap dg baik dan pemain juga masih terbatas sehingga peluang maju terbuka lebar. Wah hebat juga bapak ini, diam-diam aku kagum terhadap analisa dan semangat enterpreneurshipnya. Walaupun Cuma lulusan madrasah aliyah, tetapi beliau punya intuisi bisnis yang kuat dan semangat maju yang tinggi. Beliau percaya jika kita jeli, dan telaten dalam berusaha insya Allah bisa maju.

Jam 6.30, toko belum buka, saya Tanya ke pak Munawir. “Biasanya buka jam berapa pak ?”. ”Biasanya sih antara jam setengah tujuh sampai jam tujuh...”. Wah payah ini, soalnya jam 07.00 aku harus berada di kantor. Informasi yg aku dapatkan ternyata kurang akurat. (teman memberi info bhw jam 6 toko dah buka). Segera aku putuskan untuk membatalkan mengantri, sambil membisikkan ke pak Munawir : “Pak saya titip satu ya….nanti tak ambil di rumah Bapak, siang saat saya istirahat kantor”….”ok pak silakan, tapi bawa aja tabung bapak” jawabnya…..kusahuti ”ok makasih ya pak” , aku segera meluncur kembali ke rumah untuk persiapan ke kantor……kapan ya antri-antri model gini hilang di bumi Indonesia ??

No comments: